Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Senin, 17 September 2012

Widgets

FUNGSI DAN JENIS ETHERNET

      Pengertian Ethernet Dan  Fungsi Ethernet Card

Jenis-Jenis Ethernet card
Apa Fungsi Ethernet Card ? Sebelum kita bahas, ada baiknya kita fahami pengertian ethernet dan apa itu ethernet Card, untuk memudahkan pemahaman mengenai fungsi ethernet card, cara kerja dan cara instalasi ethernet Card.
Pengertian Ethernet 
Teknologi jaringan komputer berdasarkan pada kerangka jaringan area lokal (LAN). Sistem komunikasi melalui Ethernet membagi aliran data ke dalam paket individual yang disebut frame. Setiap frame berisi alamat sumber dan tujuan dan pengecekan error data sehingga data yang rusak dapat dideteksi dan dikirim kembali. Ethernet adalah protokol LAN yang memungkinkan setiap PC berlomba untuk mengakses network. Sekarang ia menjadi protokol LAN yang paling populer karena relatif murah dan mudah diinstal serta ditangani.
Pengertian Ethernet Card  adalah jenis perangkat keras jaringan komputer berupa adaptor, awalnya diciptakan untuk membangun sebuah Local Area Network (LAN). Hal ini digunakan untuk mendukung standar Ethernet untuk koneksi jaringan kecepatan tinggi melalui kabel dalam jaringanatau sering disebut sebagai kartu LAN. Dalam Sejarah Ethernet dibuat oleh Xerox di tahun 1976, Ethernet telah disetujui sebagai  standar industri protokol LAN tahun 1983. Sebuah network yang menggunakan Ethernet sebagai protokol sering disebut Ethernet network.
Fungsi Ethernet Card adalah membantu pertukaran file dan data melalui jaringan komputer. Komputer-komputer ini berkomunikasi melalui jaringan komputer dengan bantuan dari akses fisik ke media jaringan, dan Komputer ini berkomunikasi melalui jaringan komputer dengan bantuan akses fisik media jaringan, dan sistem pengalamatan tingkat rendah melalui penggunaan alamat MAC (nomor seri unik 48-bit yang disimpan dalam ROM yang dilakukan pada Ethernet Card ). Dalam sebuah jaringan, setiap komputer memiliki kartu dengan alamat MAC yang unik.

*      Cara Instalasi Ethernet Card

Fungsi Ethernet Card  adalah alat yang digunakan untuk berbagi file dan printer melalui jaringan komputer yang ada. Sekarang ini komputer telah dilengkapi Ethernet Card  built-in, namun, jika komputer tidak memiliki kartu built-in, proses pemasangannya sangat mudah dan dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini.
  1. Buka tutup casing komputer jika anda  menemukan slot PCI yang tersedia pada motherboard. Tempatkan Ethernet Card  pada slot PCI dan tekan ke bawah.
  2. Kencangkan baut kartu ethrner agar menempel erat dan tidak mudah bergeser, kemudian pasang kembali komputer
  3. Instal driver dari CD yang biasanya disertakan dengan Ethernet Card. Restart komputer setelah driver terinstal Agar fungsi ethernet card dapat berjalan.
  4. Gunakan kabel Ethernet Cat 5 untuk menghubungkan kartu PC Ethernet ke jaringan. Untuk membuat sambungan, pasang salah satu ujung kabel jaringan ke port di bagian belakang kartu dan ujung lainnya ke salah satu port yang terbuka pada router atau modem.
  5. Restart router atau modem untuk mengkonfigurasi koneksi jaringan. Dalam beberapa kasus mungkin timbul kebingungan pada saat instalasi dan konfigurasi, ikuti buku instruksi manual yang telah disertakan dengan Ethernet Card .
Berbagai jenis dan merek Ethernet Card  tersedia di toko yang menjual hardware komputer, Wireless LAN Card juga tersedia yang menggunakan gelombang radio untuk transmisi data.  Ethernet Card  nirkabel memberikan alternatif yang fleksibel untuk kartu PCI untuk komputer desktop, Dengan kemajuan teknologi, ketergantungan pada jaringan komputer juga berkembang biak. Keamanan jaringan adalah salah satu perhatian utama dari organisasi besar yang memiliki informasi rahasia, Jadi salah satu yang harus  disadari adalah resiko keamanan jaringan terlepas dari manfaat besar dan fungsi Ethernet Card.

      Jenis-Jenis Ethernet Card

Sebuah kartu jaringan biasanya terdiri dari soket twisted pair, BNC (Bayonet Neill-Concelman) atau AUI (Attachment Unit Interface), dimana kabel jaringan terhubung. Ada juga beberapa LED (Light Emitting Dioda) untuk menginformasikan pengguna apakah jaringan aktif atau apakah ada data atau tidak yang dikirim melaluinya. Kecepatan operasional Ethernet Card  bervariasi dari 10 Mbps sampai 100 Mbps, tergantung pada standar protokol mereka mendukung. Pada awalnya kecepatan maksimum ethernet hanya 10 Mbps ini dan secara bertahap naik sampai 100 Mbps. Saat ini, ada standar Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet, yang menawarkan kecepatan 1 Gbps (1000 Mbps).
 Berikut klasifikasi jenis Ethernet card menurut Kecepatannya
  • 10 Mbit/detik, diistilahkan Ethernet saja (standar yang digunakan adalah: 10Base2 , 10Base5 , 10BaseT , 10BaseF ), spesifikasi  IEEE  802.3
  • 100 Mbit/detik, atau disebut dengan Fast Ethernet (standar yang digunakan adalah: 100BaseFX , 100BaseT , 100BaseT4 , 100BaseTX ), spesifikasi IEEE 802.3u
  • 1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, disebut dengan Gigabit Ethernet  (standar yang digunakan adalah: 1000BaseCX , 1000BaseLX, 1000BaseSX , 1000BaseT ), spesifikasi IEEE 802.3z
  • 10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik. Standar ini belum banyak diaplikasikan secara umum

Jenis Ethernet dibagi menurut kecepatannya
1.        Ethernet dengan kecepatan 10 Mbps, yang biasa disebut sebagai Ethernet saja, pada Ethernet jenis ini menggunakan standar 10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10BaseF.
a.    10Base2
10Base2 adalah jenis standar yang digunakan untuk jaringan berbasis teknologi Ethernet, teknologi ini menggunakan kabel koaksial (coaxial) yang tipis berdiameter 0,5 inch (10 mm) sebagai media penghubung berbentuk bus untuk menghubungkan komputer – kombuter dengan jaringan internet.
b.10Base5
10base5 merupakan standar implementasi pertama pada Ethernet, 10Base5 ini mempunyai struktur jaringan berbentuk BUS, Kabelnya biasanya berwarna kuning dan pada kedua ujung kebelnya diberi konsentrator sehingga mempunyai resistansi sebesar 50 ohm. Jika menggunakan 10Base5, satu segmen jaringan bisa sepanjang maksimal 500 m, bahkan jika dipasang penghubung (repeater) sebuah jaringan bisa mencapai panjang maksimum 2,5 km.
c.    10BaseF
sama seperti sebelumya, 10BaseF adalah sebuah standar yang digunakan untuk mengimplementasikan jaringan dengan teknologi Ethernet. 10BaseF ini berbeda dengan jenis-jenis Ethernet yang lainnya seperti (10BaseT, 10Base2, 10Base5), karena standar yang satu ini menggunakan kabel yang berbeda yaitu kabel serat optic (fiber optic), dan tidak menggunakan kabel tembaga seperti Unshielded twisted pair (UTP) atau kabel koaksial. Bentuk jaringan 10BaseF yaitu berbentuk bintang(star). Karena menggunakan serat optik (fiber optic) untuk media transmisinya.
d.   10BaseT
sama seperti seperti penjelasan sebelumnya, 10BaseT juga adalah sebuah standar yang digunakan untuk mengimplementasikan jaringan berbasis teknologi Ethernet. jika Dibandingkan dengan standar 10Base2 atau 10Base5, standar yang satu ini lebih terkenal di kalangan dunia IT,kecepatan yang mereka berikan sama tapi memang standar 10BaseT ini lebih terkenal, kecepatannya yaitu 10 Megabit per detik. 10BaseT menggunakan kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) untuk menghubungkan komputer, dan menggunakan hub untuk membentuk sebuah jaringan.
    1. Ethernet dengan kecepatan 100 Mbps, yang sering di sebut dengan Fast Ethernet, pada Ethernet jenis ini menggunakan standar 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX
      • 100BaseT
        1000BaseT juga merupakan sebuah standar teknologi jaringan komputer berbasis teknologi Ethernet, yang membedakan antara standar yang satu ini dengan standar yang 10Base2, 10Base5 dan yang lainnya adalah kecepatannya, yaitu mencapai kecepatan transmisi hingga 1 Gigabit per detik atau 1000 Megabit per detik atau 125 Megabyte per detik.Untuk standar yang lainnya seperti 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX tidak dijelaskan dalam tulisan ini karena tidak mendapatkan informasi.
    2. Ethernet dengan kecepatan 1000 Mbps atau 1 Gbps yang biasa disebut sebagai Gigabit Ethernet, pada Ethernet ini menggunakan standar adalah 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseT
    3. Ethernet dengan kecepatan 10000 Mbps atau 10 Gbps, standar untuk ethernet ini belum diimplementasikan
Sumber:http://www.jaringankomputer.org/pengertian-ethernet-dan-fungsi-ethernet-card-pada-jaringan-komputer/

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Ethernet silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2797/1/Ethernet%20Embeded%20Untuk%20Microcontrollers%20Dengan%20Menggunakan%20Single%20Chip%20Ethernet%20Controler%20CSS900A--A58003.pdf

    BalasHapus